Selasa, 12 Juni 2012

Tips Berlibur ke Karimunjawa, Jepara - Jawa Tengah

Swimming with starfish and shark !
Pasti semuanya udah tau apa dan di mana Karimunjawa. Ya benar, Karimunjawa adalah sebuah pulau di utara Jawa Tengah, masuk ke dalam Kabupaten Jepara. Pulau Karimunjawa dikelilingi lagi oleh pulau-pulau kecil lainnya yang juga menawarkan keindahan yang luar biasa. 

Saya pun menjamin pasti semuanya sangat ingin untuk liburan ke sana. Snorkling, berenang bersama hiu, melihat pasir pantainya yang putih, ngasih makan ikan-ikan lucu, mancing, banana boat, dan masih banyak lagi tawaran keseruan lainnya. 

Nah, untuk itu saya mau berbagi tips untuk berlibur ke sana. Sekitar bulan Pebruari 2012 saya bersama teman-teman berlibur ke sana. Berikut tips-tipsnya :
1. Sebelum berangkat, tentukan terlebih dulu teknis keberangkatan ke sana, apakah akan menggunakan jasa travel atau  berangkat sendiri / backpacker
2. Apabila Anda memilihi menggunakan travel tentu Anda tidak perlu repot untuk memikirkan bagaimana di Karimunjawa nanti karena di sana pasti akan diurusi semua keperluan oleh pihak travel. Tetapi Anda juga harus benar hati-hati memilih travel perjalanan yang terpercaya.
3. Apabila Anda berangkat sendiri, persiapkanlah segalanya dari awal, pesan penginapan terlebih dulu, dan tentukan akan naik angkutan apa, kalau dari Jakarta Anda bisa memilih berangkat naik bis dari Lebak Bulus dengan tujuan Jepara atau naik kereta api (KA) dari Stasiun Senen dengan tujuan Semarang. Tarif bis dan kereta sama saja, sekitar Rp. 120.000
4. Bagi Anda yang memilih naik KA maka Anda harus naik bis lagi dari Stasiun Semarang dengan tujuan Jepara, tarif bisnya Rp. 10.000
5. Setelah sampai di Jepara Anda bisa naik becak dari tempat terakhir pemberhentian bis menuju pelabuhan Jepara 
6. Kemudian naik kapal Ferry dengan tujuan Karimunjawa dengan tarif VIP Rp. 75.000 dan ekonomi Rp. 40.000 (Jasa travel biasanya sudah termasuk tiket kapal Ferry)
7. Setelah sampai Karimunjawa bagi Anda yang memilih menggunakan jasa travel perjalanan biasanya akan dijemput di pelabuhan / pelabuhan Jepara, tetapi bagi Anda yang berangkat sendiri bisa langsung pesan becak dan lanjut ke penginapan yang sudah kita pesan sebelumnya.
8. Bagi Anda yang berangkat sendiri, setelah sampai penginapan, cobalah untuk menanyakan ke pengelola penginapan apakah ada penyewaan perahu, harga biasanya Rp. 350.000. Apabila Anda banyakkan tarif tersebut tidak terlalu mahal karena bisa patungan. Penyewaan peralatan snorkling Rp. 45.000. Dan masih ada lagi biaya tambahan lain, misal makan siang.
9. Besoknya Anda dan teman-teman bisa langsung berkeliling Kepulauan Karimunjawa. Silahkan tinggal memilih mau snorkling, diving, mancing, dan lain-lain.

Perlu di ingat bahwa jadwal Kapal Ferry tidak setiap hari (info : saat ini kapal ferry sudah setiap hari), maka dari itu bagi Anda para karyawan yang memanfaatkan weekend bisa diperhitungkan terlebih dulu mengenai jadwal kapal Ferry ini. 

Yang pasti Karimunjawa sangat indah dan menakjubkan.
Sangat wajib untuk mencoba liburan di sana.

Happy Holiday !

31 komentar:

  1. Bisa minta advice gak ya. Disana yang bagus penginapannya apa? Boleh dishare juga kalau ada info tentang travel yang bagus disana

    cheers

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penginapan yg bagus saya sarankan Wisma Apung, tempatnya di atas laut, ada kolam hiunya, dan makanannya enaaakkkkk, dan tarif permalamnya pun terjangkau.

      untk travel coba ke sini : MArvellano Tour 08783 3741 572 / 081 225 602 378 (Fatakur)

      Hapus
  2. Hi, saya berencana ke Karimun Jawa tanpa travel. Bisa nggak ya nginep di Wisma Apung tanpa travel? Takutnya sudah penuh semua di booking travel. Mohon infonya, trims :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa bangettt, harus rserve dr sekarang tp, soalnya itu penginapan selalu penuh. :)

      Hapus
  3. Mau tanyaa...
    Lama perjalanan kalau naik bis sama kereta beda berapa jam ya?
    Mau cari opsi yg lebih cepet ajah nyampe nya ahahahahaha....

    Soalnya mau itung waktunya sempet atau ngga lsg nyebrang :)

    Thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lama perjalanan lebih cepet naik kereta.
      Kereta sekitar 7 jam-an tapi ke Semarang ya, bukan langsung ke Jepara.
      Kalau naik bis, waktu itu aku naik dr Lebak Bulus jam 6 sore, nyampe Jepara jam 7 pagi. hehehhehe....

      dan waktu itu ongkosnya sama 120rb -_- (sekarang kereta lebih mahal mungkin)

      Hapus
  4. minta no tlp wisma apung untuk booking boleh ? atau yang lain ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa search aja di google, saya gak save nomernya :)

      Hapus
  5. mas nanya info dunk.. kalo dari surabaya ke jepara punya alternatif gak naik apa? klo kreta rutenya gmana yah? trus dari stasiun semarangnya ke terminal bus semarangnya naik apa? thanks buat info nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang begitu tau kalau dr Sby. Mungkin ada bis Sby-Jepara, coba aja cari infonya.
      kalau kereta, cari rute kereta Sby-Semarang, nah dr Stasiun Semarang Tawang menuju terminal bis di semarang bisa naik taksi, bisa blue bird tarifnya sesuai argonya waktu itu saya 20rebuan, dr terminal bisa naik bis yg ke Jepara ongkosnya Rp. 10.000.
      setelah sampai di terminal jepara bisa naik becak ke pelabuhan di sana, usahakan sampai pelabuhan sebelum jam 9 pagi, karena kapal ke Jepara berangkat jam 9nan (skrng mungkin sudah robah jadwal).

      kalau mau simple, cari aja info travel yg bisa fasilitasi ke Karimunjawa.
      Happy Holiday :)

      Hapus
  6. Mau tanya kira2 penginapan yg bersih dan bagus yg mana yah? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penginapan di sana cukup murah, mulai dari 60ribu/malem (tahun 2012).

      Hapus
  7. Apa ad stasiun kreta api jepara,soalnya aku mau ke jepara naik kreta api...dan turunnya di stasiun mana..mohon penjelasanya terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak ada stasiun KA di Jepara kalau gak salah. Walaupun ada, kayanya gak ada rute kereta api dari kota besar langsung ke Jepara. Paling kalau mau naik KA bisa turun di stasiun semarang. lanjut naik bis ke Jepara.

      Hapus
  8. tariff permalamnya sekitar di rate berapa y gan?makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sorry telat bales. kalau dulu sih kisaran 60rb-300rb/malem. Kayanya sekarang agak naik harganya

      Hapus
  9. Permisi dr Semarang ke Jepara naik bis itu berapa jam ya? Terus wkt itu kamu make travel apa? Boleh tau? Soalnya saya berniat ke Karimun jawa dengan travel tapi gak tau travel yang bagus yang mana.

    Thanks before atas infornya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku gak pake jasa travel. berangkat sendiri sama temen-temen. bisa disearch jasa travel yang ke karimunjawa, kisaran harga 600rb-1jt.

      Hapus
  10. Dari stasiun tawang naik apa ke jeparanya ? Yang nyaman dehh soalnya bawa anak kecil.. Apakah ada travel ke jepara, klo ada minta penjelasannya yaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, aku kurang tau kalau dari Stasiun Tawang apakah ada kendaraan umum yg langsung ke Jepara atau nggak. mungkin ada semacam rental mobil yang bisa langsung dipesen di stasiun. kalau jasa travel untuk liburan ke karimun jawa skrng banyak. biasanya mereka mulai melayani ketika kita datang di Semarang atau Jepara/pelabuhan jepara (tergantung tawar-menawar).

      Hapus
  11. Salam bro,,,
    Bagusnya klo liburan ke jepara itu bln berapa ya? Trus klo perempuan aman gak liburan kesana, travel yg anda rekom di atas itu, bagus dan dapat dipercayakah?
    Maaf nanya borongan nih, soalnya pengen banget liburan ke sana sama adik....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam sis,,,
      maaf baru bales.
      Untuk perempuan insyaallah aman. Banyak jg wisatawan perempuan yg kesana.
      bulan berapanya sekarang kurang tau, krn skrng cuaca agak labil. Tp dulu kata orang sananya mah bagusnya bulan Maret-September. skrng mungkin sudah berubah.
      mengenai travel itu saya itu dapet dr si bapaknya, dia nawarin pas di pelabuhan jepara.

      Hapus
  12. saran yaa mas, kalo ke karimun jawa tanpa travel terus mau berhari2 gitu tapi nyoba semalem nginep di wisma apung kira kira butuh brp biaya tuh? jadi misal aku 4malem disana, 3 malem di penginapan murah trs semalem di wisma apung, gimana ya? trs buat alat2 kapal sama semuanya kira kira ngabisin brp duit buat 3hari?
    kamsyaaaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru bales. Dulu tahun 2012, tarif di sana sekitar 100-250rb/malem sesuai kamar dan fasilitasnya.
      Alat-alat snorkling 45ribu, sewa perahu 350rb/hari.
      kalau kesana tanpa jasa travel mending banyakan berangkatnya biar patungannya lebih murah. :)

      Hapus
  13. Satu prahu muat brapa orang

    BalasHapus
  14. Kalo naek kereta, tujuannya semarang poncol atau semarang tawang mas?

    Thanks

    BalasHapus
  15. Kalau jalan sendiri, beli tiket kapal jepara - semarang dan sebaliknya susah gak ya? Belinya pas hari di kapal atau sebelumnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gampang. Pas hari keberangkatan belinya jg bisa, datang lebih pagi aja. Kapal berangkat pukul 8 / 9

      Hapus
  16. mas biaya transport di atas besar ga selisihnya di tahun 2014 ini?

    BalasHapus