Kamis, 06 Oktober 2011

Ada Cerita Sebelum CGK - UPG

Terminal 1 A , Soekarno-Hatta International Airport

Hari ini hari minggu, 4 September 2011. Hari yang mungkin sebagian orang sedikit berat untuk menjalaninya. Karena apa ? karena hari tersebut merupakan hari terakhir libur lebaran, di mana setelah seminggu sebelumnya libur merayakan hari raya Idul Fiftri dan berkumpul dengan keluarga tercinta. Tentunya sangat menjadi ‘sesuatu’ apabila kesenangan tersebut harus distop dulu karena ada hal lain yang memang harus dikerjakan. Hehe…

Begitu juga dengan saya, saya harus berangkat kembali ke tanah para Daeng alias Makassar untuk mencari lagi pengalaman dan pelajaran hidup untuk meniti karir yang cemerlang (catatan : Karir sama Kerja itu beda ya! J). Sedikit berat memang, namun harus apa lagi, ya mungkin harus dijalani terlebih dulu siapa tahu ada ‘sesuatu’ yang membawa saya ke arah yang lebih baik. Amin.

“Aku akan pergi tuk sementara, bukan tuk meninggalkanmu selamanya, aku pasti kan kembali pada dirimu tapi kau jangan nakal aku pasti kembali”. Sebuah lagu dari Pasto saya persembahkan untuk kamu, kamu, kamu semuanyaaa….

Merantau memang sudah menjadi tradisi di negeri ini, bahkan orang Minang mengharuskan anak lelaki mereka merantau ke daerah lain atau mungkin ke negara lain untuk mencari pengalaman dan pelajaran hidup yang lebih dari kampung halamannya. Makannya jangan heran kalu kita banyak melihat restoran Padang dimana-mana, karena tradisi mereka memang seperti itu. Mungkin dikalangan orang Minang sudah ada tag line “Merantau Itu Laki !!!” hehe…

Beda ceritanya dengan tradisi orang Sunda dan memang sudah terkenal (katanya) kalau orang sunda itu gak berani merantau jauh-jauh, “boleh lah merantau ya maksimal pulau jawa aja lah” begitu katanya. Dan memang saya merasakannya, beberapa kerabat saya selalu mempertanyakan kenapa jauh banget harus ke Makassar ??? padahal di Jakarta juga bisa katanya. Sangat menjadi pertimbangan saya memang pertanyaan-pertanyaan dari mereka, namun saya punya pertimbangan lain mengenai pilihan saya ini walaupun saya agak sedikit berat menjalaninya. Hehehe….

Adapun kerabat yang memberi pesan ke saya kalau saya jangan lama-lama di perantauan kalau bisa segera lah pindah, ada juga yang mewanti-wanti jangan sampai saya mendapatkan jodoh orang rantau, harus orang dekat (sunda). Hehe… ok uwa, bibi, mamang, aa, teteh akan saya pertimbangkan semua masukan kalian itu. J

Lalu bagaimana dengan kedua orang tua saya ? orang tua saya Alhamdulillah yah selalu mendukung apa piliha anaknya, namun saya tau mereka berdua selalu mecemaskan keberadaan saya diperantauan. Jangankan di Makassar, ketika saya kuliah di Jatinangor pun mereka khususnya ibu saya selalu menelpon hanya untuk sekedar menanyakan apakah saya sudah makan, kapan pulang, dan tentunya selalu mengingatkan saya untuk tidak lupa sholat.

Hmmm…
Hmmm…
Hmmm…
Sekarang saya sedang menunggu pesawat yang akan membawa saya ke Makassar. Sudah terbayang oleh saya suasana jalan RSI Faisal dan jalan Pettarani yang dekat dengan tempat tinggal saya di sana, Kawasan Industri Makassar, Tanjung Bunga, Pantai Losari, dan tempat-tempat lainnya yang pernah saya kunjungi sebelumnya. Rasanya gak ingin cepat-cepat sampai ke sana, gak apa-apa deh pesawat delay. Hehe…. Hmmm… Namun, sepertinya sekarang saya harus merobah pikiran tersebut, setidaknya untuk beberapa bulan ke depan. Hehehe…

Dari semua ini saya harus mencoba ambil hikmahnya, kapan lagi coba saya bisa ke Makassar, Manado, Pulau Ternate dan Pulau Halmahera kalau tanpa status pekerjaan ini. Tentunya, harus selalu meyakini bahwa Allah memberikan jalan hidup kepada setiap hambanya itu dengan sebaik-baiknya, pasti selalu ada hikmah yang indah di dalamnya,  karena Allah selalu memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya.

Ok, tepat pukul 22:05 WIB pesawat yang akan saya tumpangi akhirnya akan terbang, delay satu jam, sebentar banget, besok aja lah berangkatnya….eits...ok..ok...baik.! Ayo semangat !!!  Pada saat saya jalan menuju pesawat, saya nengok ke belakang, tapi ternyata tidak ada Cinta yang menahan saya untuk pergi (halah…emangnya AADC. Hehehe….). ok…. Bismillah… berangkat !!!

1 komentar:

  1. Ya ampyuuun cyiiin...cyiiin....
    Numpang mampir ya ke blog yeyyy.
    Semangat nulis dan smoga cepat tercapai cita2nya !!

    BalasHapus