Jumat, 04 Juni 2010

Manajemen Tidur

Tidur adalah keadaan alami yang bertujuan mengistirahatkan diri yang diperlukan mahkluk hidup termasuk manusia tentunya. Manusia menghabiskan sepertiga dari waktu hidupnya untuk tidur, kita perlu hal ini karena sangat akan mempengaruhi kesehatan kita. Selama kita tidur tubuh menggantikan sel-sel tubuh yang rusak akibat aktivitas kita sebelumnya. Selain itu juga, tidur bisa mempengaruhi metabolisme tubuh dan merangsang daya asimilasi. itulah sebabnya jika tidur terlalu lama malah tidak sehat karena tubuh kita mengasimilasi limbah (zat yang tidak diperlukan tubuh) dan uap-uap kotor lagi, sehingga jika kita tidur kelamaan yang ada malah loyo dan tentunya tidak bersemangat buat beraktivitas di siang harinya.

Merubah pola tidur bagi orang yang sering tidur larut malam adalah tindakan yang sangat tepat. Karena asal tahu aja, tidur terlalu malam itu sangat tidak baik untuk kesehatan. Hal ini didukung dengan pendapat banyak orang yang mengatakan bahwa udara malam itu tidak baik buat kesehatan tubuh. Lalu bagaimana dengan orang yang kerjanya emang di malam hari atau emang dia sedang mengerjakan sesuatu yang ternyata date line-nya besoknya  dan alesan-alesan lainnya ??? Pertanyaan ini yang bisa jawab hanya H. Rhoma Irama lewat lagunya Bergadang. Beliau mengatakan bahwa "bergadang jangan bergadang, kalau tiada artinya. bergadang boleh saja, kalau ada perlunya". hehehehe...

Maka dari itu, yuk mulai dari sekarang robahlah pola tidur kita ! yang biasanya tidur lebih dari jam 00.00 usahain untuk bisa tidur sebelum jam tersebut. jam 10 maleman lah, gimana? dan asal tau aja, ternyata mencepatkan waktu tidur lebih awal bisa membikin tidur kita nyenyak loh! kita perlu mencontoh strategi tidur Rasulullah SAW, beliau biasanya tidak tidur terlalu malam kemudian bangun beberapa saat setelah lewat tengah malam untuk sholat tahajjud, besoknya menjelang tengah hari beliau tidur sejenak. Contoh yang sangat baik bukan. menyegerakan tidur dan menyegerakan bangun di pagi harinya. Kita mengetahui hewan pun termasuk burung-burung bangun di pagi hari. dan kita sebagai muslim pun sangat tahu kalau harus bangun pagi untuk melakukan shalat subuh dan praktek seperti itu selaras dengan keadaan alami sehingga sangat menyehatkan.

Jadi, mulai dari sekarang cobalah untuk merobah pola tidur kita. Buatlah jadwal tidur yang baik. Karena apabila tidur kita teratur, pastinya aktivitas yang akan kita lakukan besoknya pun akan sangat teratur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar